UMKM Desa Tanjungjaya

DGSWCtwUAAAzT4Z

Sejarah

Keripik bonggol pisang merupakan produk hasil buah pikir dari KUKERTA UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten. Melihat banyaknya jumlah pohon pisang yang ada, muncul potensi untuk mengolah salah satu bagian dari pisang yang sering dibuang dan diabaikan.

Deskripsi Produk

Produk ini adalah produk cemilan makanan yang terbuat dari bonggol pisang atau umbi batang dari pisang yang digoreng kering dan diolah menjadi keripik. Bonggol pisang ini sendiri telah lama dipercaya sebagai salah satu perlancar pencernaan dikarenakan banyaknya kandungan serat dari bagian pisang tersebut.

Harga: Rp 15.000

Narahubung:  +6287-87-6666-751 (Pak Syamsudin)

Sejarah

Diawali dengan pengamatan pak Hatta kepada produksi dan penjualan jahe merah yang ada di Desa Tanjung Jaya, beliau mendapati bahwa nilai jual yang dimiliki oleh komoditas tersebut masih sangat rendah. Selama ini, panen yang dilakukan di Desa Tanjung Jaya dilakukan secara bersamaan dan musiman. Untuk komoditas jahe merah sendiri, selama ini hanya dijual secara mentah tanpa olahan, maka dari itu untuk menambah nilai jual, baik dari segi komersil juga dari penambahan segi manfaat, dimulai percobaan untuk membuat campuran minuman berdasarkan jahe merah yang dicampur dengan sereh dan juga kayu manis, yang mana tiga komoditas tersebut merupakan produk yang banyak jumlah ketersediaannya di Desa Tanjungjaya ini sendiri.

Deskripsi Produk

Jesika merupakan sebuah minuman serbuk dengan komposisi jahe, serai, kayu manis, gula aren, dan gula pasir di dalamnya. Minuman ekstrak ini mengandung jahe jenis spesial, yaitu jahe merah yang memiliki beberapa manfaat diantara lain: meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah, meredakan flu, pilek, batuk dan asthma, meredakan masuk angin dan juga alergi.

Harga:

Rp 15.000 – 100g

Rp 30.000 – 200g

Narahubung:  +628211454341 (Pak Hatta)

IMG_0739

Deskripsi Produk

Produk ini salah satu cara dari kampung Cikadu untuk mengenalkan ikon Tanjung Lesung yaitu badak bercula satu yang hanya bisa ditemukan di Banten itu tersendiri kepada turis yang datang. Miniatur badak yang terbuat dari kayu ini dapat ditemui dalam berbagai ukuran, dari gantungan kunci sampai pajangan untuk meja. banyak jumlah ketersediaannya di Desa Tanjungjaya ini sendiri.

Harga: Rp 20.000 – Rp 220.000

Narahubung:  +6282249187917 (Kang Ogel)

IMG_0748

Sejarah

Dimulai dari tahun 2016, pak Jurta yang merupakan guru di SMK Kampung Cikadu terinspirasi untuk membuat karya dari anyaman bambu saat beliau menghadiri studi banding di Bandung.

Bambu di Kampung Cikadu banyak tersedia, namun harga jual yang masih sangat rendah dalam kisaran Rp 10.000 sampai Rp 20.000 rupiah. Untuk menghasilkan satu produk, hanya butuh 1 ruas bambu yang mana dapat meningkatkan nilai jual bambu secara signifikan. Pak Jurta pun berinisiatif untuk belajar dengan membuka YouTube dan juga mengikuti pelatihan anyaman bambu untuk mengembangkan komoditas tersebut lebih lanjut. Awal usaha anyaman bambu ini, pak Jurta melakukan pemasaran dan penjualan produk beliau ke para tetangga di sekitar rumah di kampung Kepuh, sampai sekarang akhirnya usaha ini memiliki sanggar seni sendiri dan sering memberikan pelatihan untuk anak SMK dan warga sekitar. Selain di galeri Cikadu sendiri, produk anyaman bambu ini dapat ditemukan juga di galeri Pandeglang, Rumah Kemasan, dan juga ada di pameran festival seperti festival tahunan Tanjung Lesung, dan festival Cikadu.

Deskripsi Produk

Terdapat banyak bentuk dari kerajinan anyaman bambu ini; tas, lampu tidur, tempat tissue, tempat sampah, besek atau tempat menaruh makanan, juga tempat buah. Selain produk yang sudah tersedia, para konsumen juga dibolehkan untuk request produk yang mereka inginkan. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat satu produk bervariasi dari 4 jam sampai 1 hari.

Harga:  by request, tergantung dari kerumitan dan lama pengerjaan produk, dengan range harga Rp 10.000 – Rp 150.000

Narahubung:  +6287773265556 (Pak Jurta)

IMG_0741

Sejarah

Dikarenakan banyaknya residual sampah yang tersedia dari warung yang dikelola selama sehari-hari, ibu Emun mendapatkan ide untuk memanfaatkan dan mengolah ulang beberapa sampah tersebut menjadi kerajinan tangan. Berawal dari sebuah keisengan untuk berkarya, akhir-nya sekarang pun produk kerajinan dari sampah ini dipasarkan dan dijual untuk umum. Para konsumen yang berminat untuk membeli kerajinan ini dapat mengunjungi galeri Cikadu.

Deskripsi Produk

Untuk para konsumen yang berminat untuk berkontribusi untuk kebersihan lingkungan Cikadu dan juga memiliki tas unik ramah lingkungan, produk ini adalah jawaban-nya. Tas yang unik dengan warna yang menarik ini terbuat dari sampah-sampah yang di daur ulang seperti gelas plastik bekas minuman kemasan, kemasan plastik dari deterjen, bekas bungkus kopi, dan lain-lain. Tersedia berbagai ukuran untuk tas ini, dari tas jinjing yang kecil sampai tas berbentuk totebag yang dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari konsumen yang membutuhkan membawa banyak barang.

Harga: Rp 25.000 – Rp 250.000

Narasumber:  +62 838-0650-0196 (Bu Emun)

Deskripsi Produk

Batik merupakan salah satu warisan budaya dunia dari Indonesia yang telah diakui secara resmi oleh UNESCO. Batik dari Cikadu sendiri memiliki 40 motif yang spesial yang mengangkat ciri khas daerah Tanjung Lesung seperti motif Badak bercula satu yang hanya dapat ditemukan di Banten, gunung Krakatau, debus, lesung padi, dan masih banyak lagi. Batik ini sendiri sudah dipakai oleh banyak desainer terkenal di seluruh Indonesia. Selain kain, para konsumen juga dapat membeli beragam olahan dari kain batik itu tersendiri, dari tas, kotak tissue, kemeja, dan masih banyak lagi.

Harga: Rp 80.000 – Rp 2.000.000

Narahubung:  +62811393870