Monev DD & ADD Kecamatan Panimbang Tahap 1 TA 2019

Senin, 15 Juli 2019 bertempat di aula Kecamatan Panimbang Kegiatan Monev DPMPD Kabupaten Pandeglang untuk Dana Desa & Alokasi dana Desa Tahap 1 tahun anggaran 2019 di buka. nampak hadir Kabid Keuangan DPMPD Kabupataen pandeglang di dampingi para kasi dan staf, selain itu juga hadir Camat kecamatan Panimbanga (Bapak Drs. Suaedi Kurdiatna, M.Si), beserta Sekretaris Kecamatan (Bapak Amir Mahmud, SS), dan Kasi Pembangunan Kecamatan Panimbang (Ibu Dede Suratmi, S.Sos) dan Juga Para Kepala Desa Se Kecamatan Panimbang dan Para Operator Desa serta Kaur Keuangan Desa.

Dalam Pembukaannya camat panimbang menyampaikan perihal pengelolaan keuangan Dana Desa serta realisasi yang sudah dilaksanakan dilapangan terutama di kecamatan panimbang dengan berbagai cerita termasuk kendala didalamnya. termasuk juga dalam penyerapan pajak bumi dan bangunan yang terkendala pemilik lahan yang dikuasai oleh orang luar daerah sehingga dalam penyerapannya sangat menyusahkan petugas penagih pajak yang berdampak pada molornya waktu pelunas pajak dan berdampak juga pada lambatnya pengajuan ADD selanjutnya karena pelunasan PBB ini menjadi salah satu syarat pengajuan ADD untuk tahap berikutnya.

Di sambutannya Kabid Keuangan juga menekankan untuk kesesuaian administrasi dan fisik di lapangan yang satu dengan yang linnya sangat berkaitan harus sesuai antara perencanaan realisasi dan SPJ, sebagai salah satu antisifasi untuk meminalisir kesalah dalam penyelenggaran ADD dan DD tersebut kegiatan monev ini dilaksanakan.

Pada sesi tanya jawab kepala Desa Tanjungjaya menanyakan perihal kegiatan Bimbingan teknis bagi Kepala desa yang dicantumkan dalam APBDesa tahun 2019 ini..“Ini Kita perkirakan akan dilaksanakan pada Bulan september 2019 dan dilksanakan di Bali, namun ini semua baru wacana karena tidak semua desa menganggarkan untuk keguatan tersebut, baru hanya sekitar seratusan desa yang mencantumkan kegiatan tersebut di APBDesa tahn 2019” Jawab pak Ubay selaku Kepal Seksi Keuangan DPMPD kabupaten pandeglang.

Setelah selesai pembukaan dan tanya jawab tim Monev kabupaten pandeglang langsung menuju Desa Gombong dan Desa mekarjaya sebagai sampling untuk pengecekan penyelenggaraan DD dan ADD Tahun 2019 di kecamatan panimbang.

(Opdes)

Related Posts