Mahasiswa KKN UGM Jajal Paket Wisata Baru Kampung Kepuh

Mahasiswa KKN PPM UGM 201https://www.instagram.com/kkntanjungjaya2019/9

Sabtu pagi (13/7) mahasiswa KKN UGM bekerjasama dengan pemuda di Kampung Kepuh dan Kepala Dusun 01 Desa Tanjung Jaya mengadakan kegiatan simulasi kampung wisata di Kampung Kepuh, Desa Tanjung Jaya. Kedatangan mahasiswa KKN UGM ke kampung yang berada di area perbukitan dari buffer zone Tanjung Lesung ini dilakukan dalam rangka program pemberdayaan masyarakat sekaligus dimaksudkan untuk meresmikan kampung wisata yang baru dirintis tersebut.

Kedatangan mahasiswa KKN UGM disambut hangat oleh para ibu-ibu yang sedang asik membuat anyaman dan kue balok. Mahasiswa yang datang kemudian bergabung dan ikut mengerjakan anyaman bambu serta menyaksikan proses pembuatan kue balok dan gethuk khas Kampung Kepuh.

Setelah itu mahasiswa diarahkan untuk ke pangendongan masing-masing untuk beristirahat. Pangendongan sendiri merupakan istilah masyarakat Desa Tanjung Jaya yang berarti penginapan. Menginap atau “ngendong” di Kampung Kepuh sendiri merupakan pengalaman yang khas karena suasana kampung yang sangat alami dan asri, serta pemilik pangendongan yang akrab dan hangat sehingga terasa seperti keluarga sendiri.

Di Kepuh, mahasiswa diajak untuk menyaksikan banyak atraksi yang disuguhkan oleh warga Kampung Kepuh, mulai dari penumbukan kopi lokal, makan bersama warga yang disajikan secara babacakan, hingga menyusuri curug-curug yang ada di Kampung Kepuh. Pemberian nama untuk pangendongan yang mereka tempati menjadi kegiatan puncak untuk simulasi wisata tersebut.

Pemberian nama untuk pangendongan yang ditempati oleh mahasiswa sekaligus merupakan peresmian untuk pangendongan tersebut. Pangendongan diberikan nama berupa jenis-jenis pohon, mulai dari Palem, Pinus, Meranti, Mahoni, Peucang, Akasia, Eboni, dan lain-lain. Hal ini dimaksudkan sebagai doa agar usaha pangendongan dan paket wisata di Kampung Kepuh dapat mengangkat tinggi taraf hidup masyarakat di Kampung Kepuh, sembari tetap menjaga tradisi dan adat istiadat masyarakatnya mengakar kuat di sendi-sendi kehidupan masyarakat Kampung Kepuh.

Di sela-sela simulasi atraksi wisata Kampung Kepuh, mahasiswa KKN UGM juga menyempatkan diri untuk melakukan sosialisasi mengenai usaha pariwisata, serta laporan arus kas untuk ibu-ibu pemilik pangendongan. Selain itu, sebelum berpamitan pulang masing-masing mahasiswa juga memberikan penilaian serta saran yang membangun untuk pemilik pangendongan yang ditempati mengenai pelayanan terhadap wisatawan sesuai konsep pangendongan.

Related Posts